Sabtu, 04 Juni 2016

Build This City !!!!

Clothing 347 tidak salah pilih ketika ngambil dia sebagai “rider” selama bertahun-tahun menemani kesuksesan clothing tersebut. Pamornya di komunitas skate Bandung terbukti cukup menginspirasi banyak orang untuk mulai maen skate. Inong merupakan figure yang sudah tidak asing lagi bagi kalangan skateboarders kota Bandung dan telah malang melintang di dunia street skateboard tanah air semenjak tahun 90 an. Selain menjadi figure yang cukup eksis di dunia skateboard Bandung, dia juga ternyata memiliki pandangan yang sedikit sufistik atau avant-garde(selangkah di depan) mengenai skateboarding dari mulai esensi skate bagi hidupnya sampai ke masalah urban dan street culture di Bandung yang cukup menarik untuk di simak. Kalo kamu penasaran pengen tau apa yg ada di otak skater sufistik artsy fartsy absurds wacanais kebelinger ini baca saja interview ngawur berikut yang bakal ngasih pespektif baru buat kamu tentang apa itu street fashion dan urban culture. Reclaim the streets… Reclaim your life…

Bisa ga di konfirmasi maksud stament “Indonesia the worst condition for skateboarding” (indicator Ad on Burn skate video)?
Iya lu liat aja jalanan Bandung. Mana ada spot yang bisa di pake maen papan. Gimana skate culture mau maju! Kalo ga ada public space yang bisa di pake buat maen papan. Mau cari spot susah nya setengah mati. Kalo di bule kan spot banyak banget, jadi tata kota bagus dan skate spot jadi banyak. Keluar rumah semuanya bisa jadi spot skate, tinggal maen. Berangkat kemanamana bisa pake skate. Kalo di sini kan kalo mau maen skate harus naek motor ke TG dulu atau ke buqiet dulu yah kayak gitu lah hehe… Jadi dari pada menggerutu ga ada habis nya, gw ngakalian dengan bikin program baru ama 347ply nama program nya “We Build This City”.


Program Apaan tuh??Seniseni gitu yah??
Yah.. kalo orang seni bisa bilang itu art project, orang pemda bisa bilang itu program ngerapihin kota atau program infaq... Bebas aja sih ini mah mau dianggap apa juga, di anggap orang gila sesat juga gak apa-apa hehehe… Enggak ini pada dasarnya program skate development, membuat kota Bandung jadi skateable project nya 347 ply. Dari pada capek menggerutu terus, ngebatin maen skate di indonesia ga maju-maju, jadi kalo ga ada spot ya dibikin aja deh. Salah satu yang udah kita realisasiin itu baru bikin handrail turun di stair set pajajaran. Itu spot tuh asal nya ga bisa di pake maen, karena tempat landing lantai nya ga bagus. Jadi kita bikin bagus dan sekalian kita kasih rail. Begitu sih kira-kira project nya. Oh iya sekalian nyeritain nih 347ply itu skate divison nya 347unkl yang khusus skateboard.

Denger-denger cita-cita lu buat scene skate itu lu pengen image skate di indonesia ngambil elemen-elemen lokal yang fresh dari street of Bandung kenapa??bukan nya realita sekarang kesbor (gauln ya skateboard) itu serba ke bule-bulean yah..
Maksud gw ngangkat elemen-elemen lokal tuh sebenernya pengen kita jadi diri kita sendiri aja. Ekspesikan diri lu sendiri…soal nya “the street we skate” itu bukan streetnya New York tapi streetnya Bandung. Jadi culturenya juga bukan culture bule tapi ya culture jalanan Bandung aja hehe… Anak-anak skate itu kan dajal (dari jalanan) yah hehe… misalnya kalo lu orang sunda ya lu jangan malu jadi orang sunda bebasin aja lah... Kayak yang gw bilang tadi skate itu media berekspresi sama kayak gitar, sama kayak pilox buat coret-coret jalanan ... Apa yang ada di hati lu kalo lu anggap keren ya jalanin aja ga usah ngekopi dari yang bule atau budaya sana Itu semua tergantung lu ngedefinisiin kekerenan itu seperti apa! Yang ideal tuh menurut gw contoh nya ke Jepang .. style jepang tuh masih kerasa banget ga ngejiplak tapi nyampur.. Jadi pesen gw sih jangan sok bule-bule lah da kita itu ada di Bandung.. Jangan malu ngangkat culture lokal karena skate itu street culture banget.

Katanya lu mau bikin documentary welcome to Indo. Apa yang mau diangkat dari documenter itu?? Kapan beresnya??
Memperlihatkan originalitas situasi skate culture di Indonesia. Ngejarnya karakter street lokal. Original aja gak usah malu-malu kita perlihatkan ke seluruh dunia melalu video skate. Soalnya kalo ngejer image ke bule-bulan terus sih kita ga akan punya karakter dan kalo di kejar juga kita ga akan jadi kayak mereka… Tapi ramuannya gw juga belum nemu. Tapi harus kerasa banget street Bandungnya, progressnya lagi terus ngumpulin footage ga tau kapan keluarnya blom beres-beres nih hehe…


Skater sekarang masih banyak yang terinspirasi sama lu?? Jadi beban gak?? melihat umur makin menua…
Gw udah belasan taun maen papan. Jadi skate udah jadi semacam kebutuhan hidup. Kalo masalah beban, gw ga ngerasa beban jadi ridernya 347 soalnya emang dasarnya gw terlahir untuk menjadi jago dalam bermaen skate hahaha… Eh tapi gw sekarang udah ga jadi rider lagi, tapi maen mah terus.Sekarang mah jadi owner dong.. jadi BOS hehe… Gw sekarang lagi mencoba merintis 347ply dengan team rider (Inong, Sendy, Anjar, dan Gea). Gw juga lagi sibuk bikin-bikin program ngebanyakin spotspot di jalanan supaya bisa maen skateboard lewat program “We Build This City”.


Wow keren tuh… Btw, emang lu sekarang masih bisa maen skate maksimal?? kan kemaren katanya lu cedera trus dioperasi…
Emang gw mah udah dasarnya jago dari lahir sih hehe… jadi meskipun kaki gw kemaren-kemaren dioperasi, kalo gw udah nyentuh papan lagi. Pasti nanti semua ilmu gw balik lagi dengan sendirinya hehehe…

Apa yg lu dapet dari skateboard setelah belasan tahun maen papan..selain memar dan kaki di operasi??
Kebahagiaan hati aja sih dan kebebasan berekspresi. Itu yang penting menurut gw sih. Skate itu kan cuman papan beroda, cuman media buat berekspresi aja. Kayak seniman media berekspresinya kuas nah kalo gw mah papan ama street spot aja buat maen papan nya. Kalo kaki memar atau cedera parah mah resiko aja ngejalanin apa yang lu sukain.

Kalo dari sisi finansial??
Kalo sekarang sih masih asem hehehe… Tapi saya sih optimis kalo untuk skateboard bakal cerah. Kalo ngerjain sesuatu yang sesuai ama passion lu, itu ga bakalan dosa lah.. kalo udah bikin yang keren, duit itu ibarat pahalanya.

Menurut lu skate itu extreme sport apa way of life??
skatebord itu sport yang way of life. Mau jadi sirkus extreme skate kayak yang kita liat di ESPN terserah, mau jadi gaya hidup urban juga bebas. Kayak yang gw bilang tadi skate itu medium untuk berekspresi. Jadi bisa di pake apa aja. Di tangan orang bisnis jadi bisnis bikin industri skate, di tangan orang organisasi jadi ISA, di tangan olahragawan jadi atlit, di tangan gw jadi seni hehe…

Bisa jelasin ga kenapa lu ga pernah ikut pertandingan lagi mulai dari awal taun 2000an?
Wah kalo masalah itu sih gara-gara pertandingan di Indo gak nyediain kelas Pro euy hehe kan gw males masuk kelas amatir ga level gitu loh hahahaha…

Koq jawaban-jawaban nya ngehe semua sih nong hehe?
Wah iya euy tanggung edan cuy...



sumber : http://wearefrombandung.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar